7 Gejala Kista Ovarium dan Pencegahannya

In Artikel Kesehatan Wanita 1327 views

Artikel Kesehatan Pasutri – Kista ovarium atau yang sering disebut dengan kista tumor jinak merupakan kantong abnormal yang berisi cairan, tumbuh di dalam ovarium atau indung telur wanita. Kista ini disebut dengan kista fungsional karena pembentukannya terjadi setelah telur dikeluarkan saat ovulasi. Selang beberapa lama, kista ini akan menyusut. Meskipun disebut dengan tumor jinak, membiarkan masalah ini berkepanjangan akan memungkinkan tumbuhnya kanker ovarium.

kista ovarium, gejala kista ovarium, penyebab kista , pencegahan kista ovarium, jenis kista ovarium

Gejala Kista Ovarium dan Cara Mencegahnya

Kanker ovarium pada umumnya memiliki gejala yang sama pada kebanyakan wanita, tapi fakta ini tidak banyak diketahui orang. Gejala yang muncul biasanya gangguan menstruasi, nyeri spontan saat berhubungan seks, dan sakit pada kandung kemih. Gejala yang terlihat biaasa bisa saja merupakan gejala munculnya kista, sehingga wanita sebaiknya selalu waspada akan gejala yang muncul.

Untuk memastikan gejala yang muncul itu merupakan tanda kista kandung kemih, wanita mesti pergi ke dokter kandungan. Di sana, serangkaian tes (USG) akan dilakukan, dan bila ditemukan adanya kista yang tumbuh semakin besar, dengan diding tebal dan tidak berurutan, padat dan ada pada daerah ovarium, maka bisa dipastikan gejala tersebut adalah tanda munculnya kista ovarium.

Gejala lain yang harus diwaspadai adalah:

  • Perut kembung, terasa penuh dan berat
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Sulit buang air kecil karena kandung kemih yang tertekan
  • Rasa nyeri ketika berhubungan seks
  • Rasa nyeri pada area sekitar panggul, umumnya menetap atau bisa juga menyebar ke daerah paha.
  • Rasa mual hingga ingin muntah
  • Payudara mengeras

Penyebab Kista

Tumbuhnya kista pada ovarium dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya adalah wanita tersebut memiliki riwayat di dalam keluarganya. Selain itu, siklus menstruasi yang tidak teratur dan perut buncit juga menjadi penyebabnya. Bagi mereka yang sulit hamil atau haid pada usia dini yaitu pada umur 11 tahun atau lebih muda, kemungkinan besar wanita ini menjadi penderita masalah kista ini. Begitu pula penderita hipotiroid dan kanker payudara yang pernah kemoterapi bisa menjadi penyebab munculnya masalah kista.

Jenis-jenis Kista Ovarium

Ada beberapa jenis kista kandung kemih yang ada, yaitu kista folikuler, kista Curpus Luteum, kista hemoragik dan kista dermoid.

Kista folikuler merupakan kista sederhana, terbentuk saat proses ovulasi atau ketika folikel pecah. Kista ini tumbuh saat proses ovulasi, dan mencapai ukuran garis tengah 5-6 cm. Bila wanita menderita kista jenis ini, akan merasa sakit yang tajam pada daerah ovarium, dan beberapa wanita mungkin merasakan sakit pada saat menstruasi. Kista jenis ini bisa hilang dengan sendirinya.

Kista corpus luteum terbentuk karena ovum yang lepas dari folikel. Kista ini pada saat hamil akan rusak dan hilang, namun mungkin juga tertinggal di ovarium dan terisi oleh darah. Sedangkan, kista hemoragik terbentuk karena pendarahan kista. Gejala yang muncul berupa sakit pada perut. Kista dermoid sering disebut dengan tumor jinak, dan bisa tumbuh dengan garis tengah 15 cm.

Pencegahan Kista Ovarium

Seseorang yang mengalami gejala di atas tidak serta merta divonis menderita penyakit kista ini. Untuk pencegahan, harus dilakukan pemeriksaan khusus yang akan membuat penderita mengetahui apakah mereka memiliki potensi kista jinak atau kista yang bisa mengancam kesehatan tubuh. Konsultasi ke dokter sedini mungkin sangat disarankan agar bisa diketahui secara dini.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan klinis gengekologik, pemeriksaan USG untuk mendeteksi aliran darah, pemeriksaan MRU dan CT-Scan bila dibutuhkan, dan pemeriksaan tumur marker. Dengan pencegahan tersebut, maka wanita akan bisa meminimalisir potensi terkena kista ovarium.

Baca juga : Bahaya Infeksi Bakteri Vagina, Berikut Ini Beberapa Gejalanya!

Semoga dengan artikel kesehatan tentang gejala kista ovarium ini dapat mmeberikan manfaat untuk wanita Indonesia.

Rekomendasi Untuk Anda :

  • Cepat Keluar Ketika Hubungan Intim?. KLIK DISINI
  • Untuk Kamu Yang Gampang Loyo Gak Bisa Keras. KLIK DISNI
  • Kopi Penambah Stamina, Keras Berhari-hari. Buktikan!KLIK DISNI
  • Hei Ladies, Kamu Kurang Bergairah dan Gak Bisa Orgasme? KLIK DISINI
  • Punya Keluhan Berat Badan dan Perut Buncit? BAB Gak Lancar?KLIK DISINI
(Visited 1,217 times, 1 visits today)

Tags: #artikel kesehatan wanita #gejala kista ovarium #jenis kista ovarium #kesehatan wanita #kista #kista ovarium

Tips Mengatasi Keterlambatan Menstruasi
Tips Mengatasi Keterlambatan Menstruasi
Siklus datang bulan atau mentruasi yang teratur adalah salah
Jenis-Jenis Kista Dan Solusi Alami Untuk Mengatasinya
Jenis-Jenis Kista Dan Solusi Alami Untuk Mengatasinya
Kaum wanita memang mempunyai organ reproduksi yang
Penyebab Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya
Penyebab Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya
Kanker serviks atau cervical cancer sering disebut
3 Resep Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan
3 Resep Tradisional Untuk Mengatasi Keputihan
Semua wanita pasti mencari obat keputihan alami
Must read×

Top
error: Content is protected !!